Pengalaman Jadi "Narasumber" dan Tindak Lanjut Workshop



TINDAK LANJUT 
“WORKSHOP PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN” 

MATA PELAJARAN BAHASA JERMAN KD. 3.4 FAMILIE : IMPERATIVSATZ 
KELAS XI SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021 

(Oleh : Fitri Ananda, S.Pd.) 

Berdasar nilai raport mutu SMA Negeri 2 Boyolali Tahun 2019, maka perlu adanya peningkatan kemampuan menyusun atau membuat media pembelajaran, salah satunya dilaksanakan melalui workshop. Dari hasil “WORKSHOP PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN“, berdasarkan workshop tanggal 25 September 2020, narasumber menjelaskan tentang bagaimana pemilihan media yang efektif dan efisien yang digunakan dalam PJJ salah satunya menggunakan media Power Point dan video pembelajaran yang saling terpadu serta menggunakan aplikasi e-learning salah satunya e-school dan google classroom untuk mengintegrasikan penggunaan media pembelajaran secara efektif pada PJJ . Oleh karena itu, guru mapel berkewajiban membuat media pembelajaran yang akan menghubungkan materi dengan kemampuan / kompetensi peserta didik. Terkait dengan materi Bahasa Jerman KD 3. 4. tentang Impeativsatz maka guru berinisiatif membuat media pembelajaran berupa media ajar yang terdapat langkah-langkah secara sistematis dalam memahami materi tesebut kemudian membuat video pembelajaran untuk menunjang penyelesaian permasalahan yang ada di dalam media ajar. 

Media ini dipilih karena memiliki keunggulan yaitu menampilkan secara jelas tentang penjelasan imperativsatz. Setelah peserta didik mengamati video tersebut sebagai media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan prestasi dan kompetensi belajar peserta didik pada materi imperativsatz. Adapun cara kerja atau penggunaan media adalah sebagai berikut : 

1. Peserta didik membuka link google classroom (https://classroom.google.com/c/OTM5MDY1MzE2Mjda/m/MTgwODAwODYxMTI0) yang telah dipilih dan dibagikan oleh guru mapel.

2. Peserta didik mengamati video dengan seksama kemudian melengkapi tabel imperativsatz https://drive.google.com/open?id=1wCk9eC5pGeU7cg5-KeBHk13KSW_IORCX&authuser=0

3. Peserta didik mencoba membuat kalimat perintah mandiri

4. Peserta didik diberikan kunci jawaban lewat share screen saat google meet.

5. Peserta didik diminta praktik membaca kalimat pertintah saat meeting. (https://meet.google.com/bwb-aeqd-fnd )




BTS

Tindak lanjut ini disusun sebagai bukti bahwa ybs sudah mengaplikasikan materi workshop PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN“, kebetulan hal tersebut memang sebelumnya sudah saya lakukan sebelum workshop, yuhuuuu.

Workshop tersebut juga menjadi pengalaman pertama saya menjadi narasumber, ihihihi. Ketika ditugasi wakasek kurikulum untuk jadi narasumber, saya kira hal tersebut akan batal, maka saya tidak menyiapkan power point. Namun, karena kepikiran, saya tetap menulis materi di blog. Edit Video Guru (Gak ribet)




Saya tidak punya alasan untuk menolak, karena sebetulnya saya hanya menyampaikan pengalaman dan tutorial kecil pada pembuatan video yang sederhana. Tenang, tenang, workshop ini berkelanjutan kok, dan narasumbernya juga ganti. Alhamdulillah




Pada workshop tersebut, narasumbernya ada 2, Pak Muh Zuhri : zuhriindonesia.blogspot.com  dan Fitri, gak nyangka banget impian saya cepat dikabulkan Tuhan. Pada acara sebelumnya saya sering dipaksa menjadi MC dan saya sering berdoa, suatu hari nanti saya duduk dekat MC jadi pembicara bareng pembicara keren hehehehh.... 




Jujur saja, deg-degan. Mana, hape saya sempat mati. Alhasil, ketika belum jatah saya, saya sibuk utek-utek. Duh...





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengalaman Jadi "Narasumber" dan Tindak Lanjut Workshop"

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D