Cerita Santai : Persiapan Guru Jerman Menghadapi Semester Baru Di Era Pandemi :D

 Libur semester ini lumayan panjang, masuk lagi tanggal 4 Januari. Keputusan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) luring belum bisa dipastikan, apalagi melihat kasus Covid-19 semakin melonjak. Santer diberitakan lewat media massa, terdapat varian baru dan  kemungkinan di Provinsi saya, sekolah belum akan dibuka. 

Kalau ada yang tanya, pinginnya gimana? Ya, tentu pingin sekolah saja, ngajar siswa secara langsung, gak ada lagi sebel-sebel ketika dicueki siswa urusan tugas. Tapi, saya juga khawatir dengan situasi yang ada, saya gak mau sakit dan gak ingin orang terdekat sakit, gak mau saudara, kolega dan siswa kena resikonya. Serius nih.

Masuk gak masuk sekolah, sebagai guru saya harus menyiapkan materi dari sekarang. Jika seandainya masuk, berharap mereka para siswa merasa senang ada di Kelas. Wah, keren ni bahasa Jerman, setahun gak ketemu suasana kelasnya sangat luar biasa. Aamin.

Namun, kalau pun belum masuk dan daring lagi, ya harapannya mereka juga bisa menikmatinya. Wah, gini donk KBM, gak banyak tugas nulis di Kertas, siswa bisa ngegame, siswa bisa buat game dan memberikan sentuhan baru di KBM. Mereka yang buat materi untuk diri mereka sendiri. **Pinginnya.

Guru-guru senior sudah mulai cerita tentang persiapan mereka menghadapi semester baru. Ya, ada yang cerita kalau sudah banyak mempersiapkan materi melalui Powerpoint, udah ada yang nyicil kuis, uda ada yang nyicil soal. Hihihihihi!

Mungkin nanti akan ada yang baca artikel semi curhat ini, saya harap kalian akan dapat inspirasi ya, mungkin mau bagi-bagi juga, silahkan. Persiapan semester baru di Era Pandemi versi saya adalah :

  • Langganan Canva Premium. Lumayan penting untuk mempercantik tampilan konten belajar. Siswa sering menilai, desain yang simpel, membuat mereka tertarik melihatnya. Mereka juga ada yang kritik langsung, bosen kalau saya rekam layar cuma pakai ms word/ppt jadul. Selain itu, desain oke berguna untuk konten instagram Jerman sekolah saya dan beberapa akun dinas lain. Gak terlambat kan? Hehe.

canva premium
canva premium 


Saya beli akunnya di Shopee, lewat toko premiumapps.id, sangat terjangkau untuk langganan satu tahun. Saya pakai yang invite aja dulu. Buat sekolah sama urusan pribadi banyak pilihan kok.

toko beli canva
toko beli canva


  • Bikin email dan google classroom baru. Selama daring, google classroom (GC) menjadi pilihan sekolah saya untuk ruang belajar. Biar baru dan banyak ruang kosong, semoga akun 
  • Memperbaiki blog khusus belajar untuk tempat kuis dan bacaan siswa. Ehem, silahkan mampir ya ke blog lainnya Soaljerman
soaljerman.blogspot.com
soaljerman.blogspot.com


  • Menambah bacaan Jerman dalam blog supaya bisa dibuka langsung oleh siswa. 
  • Demi memaksimalkan penggunaan kuota belajar dari kemendikbud, akan banyak melakukan konferensi video via google meet. Duh kemarin saya cuma banyak wacana, baru terlaksana beberapa kali. 
  • Mulai coba serius edit video dan serius nge-youtube, karena selama ini saya hanya rekam layar yang gak ribet. Lagian, mau coba aplikasi yang dikasih salah satu guru di Sekolah saya yang juga Youtuber, udah adsese tuh, cek aja youtubenya Usman 
  • Mencoba bikin kuis dan game dengan niat tingkat tinggi. Kalian lagi nyari caranya? Cobain deh https://wordwall.net/
  • Banyakin presentasi interaktif kayak gini. Agak semangat ni, setelah alumni tiba-tiba datang karena dapat tugas. Kebetulan dia kuliah Teknologi Pendidikan di UNNES dan menawarkan diri untuk membuat PPT Interaktif. Wah, ya maulah!
PPt Interaktif
PPT Interaktif


  • Beruntung dan berprestasi dalam Olimpiade dan lomba Jerman lainnya, terutama siswa. Aamin ^____^
😍😍😍
  • Bikin materi simpel, apalagi tema kelas XI tentang kehidupan sehari-hari, kayak Wohnung, Essen, Reisen. Usahakan siswa bisa ikutan buat materi. 
Yah, inilah persiapan sementara yang bisa dilakukan ditengah liburan. Liburan ini porsi paling banyak untuk Mikhi dan bebeb sebagai ganti hari-hari sebelumnya. Yang lain, dikerjakan kalau Mikhi uda bobok syantik. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerita Santai : Persiapan Guru Jerman Menghadapi Semester Baru Di Era Pandemi :D"

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D