Praktik Baik dalam rangka Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid-19 (Angkatan III)


Suatu hari ketika akan memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), saya bertanya pada murid bagaimana materi bahasa Jerman sebelumnya dan cara penyampaiannya. Kebanyakan mereka berkomentar, bosan dan ingin sesuatu yang baru, karena mereka merasa, hampir semua Guru melakukan cara pengajaran yang sama. Yaitu dengan memberikan materi berupa video atau teks, lalu mengerjakan soal. Mereka bilang, ingin materi berupa Game saja. 

Melalui program ini saya menemukan kanal-kanal Youtube yang bisa jadi inspirasi dan akhirnya jadilah sebuah game sederhana yang pembuatannya tanpa banyak coding, sehingga saya tidak perlu resah dalam mencari model yang dimainkan seperti apa. Bentuk Game-nya seperti ini : 


Game soaljerman.blogspot.com
Game soaljerman.blogspot.com

Game soaljerman.blogspot.com
Game soaljerman.blogspot.com





Game ini saya sematkan di Blog yang sebelum pandemi sudah dibuat, walau lebih konten terisi saat pandemi berlangsung. Bagaimana perasaan siswa? Beberapa mengatakan ini menarik. 

kesan siswa
kesan siswa 





Respon mereka baik, terbukti dari viewers blog ini, karena secara sederhana saya asumsikan mereka beberapa kali memainkannya. 


Respon siswa
Respon siswa



Respon siswa
Respon siswa


Dari Program ini, saya disadarkan bahwa pada KBM bukan hanya materi saja yang harus dijejalkan. Ada pertanyaan penting yang harusnya saya tanyakan, yaitu bagaimana perasaan dan kondisi mereka, serta apa yang mereka harapkan.



Ditulis dalam rangka unggah tulisan praktik baik dalam rangka Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid-19 (Angkatan III)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Praktik Baik dalam rangka Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid-19 (Angkatan III)"

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D