Eksperimen Akun Pembelajaran dari Kemendikbud

Mungkin saya termasuk yang agak terlambat mengaktivasi akun pembelajaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), padahal informasi ini sudah didapat sejak september 2020 deh.

Akhir Desember lalu saya baru minta ke Operator sekolah dan Februari awal 2021 saya baru aktivasi. Gampang sekali, tinggal masukkan email dan password yang diapat darinya di mail.google.com dan nanti kita tinggal diminta ganti password dan selesai dah. Nanti, domain kita bukan lain @gmail.com tapi @guru.sma.belajar.id atau @sma.belajar.id.

Wah,  sempat menyesal baru mengenal mereka dan maraton nonton video-video pembahasannya. Gak ada ruginya untuk segera aktivasi. Setelah percobaan dan beberapa murid ikutan aktivasi, akhirnya kami bikin gerakan kecil-kecilan supaya semua aktivasi biar kalau ditanya tuh kagak bingung n memuaskan penanya, hahaha. 

Oke, walaupun sudah banyak yang bahas, tapi gak ada salahnya kasih tahu yang belum tahu ya. Memang, apa beda akun belajar dan akun gmail pribadi?

Akun pembelajaran
sumber belajardimanasa.refoindonesia.com

Gokil nih, google drive unlimited lo. Semester lalu saya sempat mau langganan gdrive, biar ga harus hapus file-file pembelajaran dan pekerjaan siswa yang masuk, eh... gak lama muncullah akun pembelajaran ini.
Emang akun pembelajaran tu apaan sih?

Nih penjelasan yang saya dapat dari website belajar.id

akun pembelajaran
belajar.id

Ya akun pembelajaran ini tu email resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibukd) dengan domain belajar.id. Fungsinya sama kok kayak gmail pribadi, tapi fasilitasnya emang sedikit beda, kayak ada rasa premiumnya.

Yang uda dicoba?

  • Google meet-nya bisa buat merekam. Jadi, seminggu kemarin Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Jerman akhirnya pakai google meet, WALAUPUN gak semuanya ikut. Semuanya saya rekam dan asiknya, hasil rekaman otomatis tersimpan dalam google drive lo. 

Ya, tunggu 3-5 menit ntar hasil rekaman google meet bisa dilihat. Makasi ya kemendikbud, membuat saya gak jadi sewa akun.

  • Akses canva for education dan dapat fasilitas premium. Siswa juga bisa kok ngerasain ini, syaratnya harus diundang gurunya jadi tim. 
canva for edu
canva for edu


Sementara ini saya hanya mengundang siswa saja. Untuk desain? Waaaah, saya terlanjur beli akun premium setahun nih di SHOPEEEEEEEEEEEEEEEEEEE, yaudah lanjutin dulu deh pakai akun itu. Yang canva for edu, biar dipakai siswa-siswa aja dulu.

  • Google drive tentu.
  • Membuat kelas uji coba di Google classroom. 
Tampilannya lebih elegan, ada link otomatis google meet diheadernya. Ada fitur tambah email wali murid, bagi siswa yang join pakai akun belajar. Sementara itu sih, lha wong saya baru bikin kelas isinya cuma 2. :D Ntar diupdate lagi.

  • Nyobain Quizziz pakai akun pembelajaran.
Ekspetasi : saya kira bakal dapat fasilitas premium, ternyata sama kok dengan akun pribadi. Ya, kenapa disarankan pakai akun pembelajaran untuk akses Q dan beberapa app lain? Supaya mempermudah aja mungkin. Tapi, saya yakin kemendibud bakal upgrade terus kok untuk masalah ini. 

Udah, aktivasi aja dulu yuk sebelum Juni 2021 berakhir. Gak rugi kok!

Bdw, ini obrolan saya dengan siswa yang udah aktivasi. Kami rencananya pingin bagi ini di IG sekolah, tapi karena Mbak Duta Kihajar tiba-tiba ngilang, mau diulang lagi aja deh. :D dan bukan sama saya. Ini juga sekalian uji coba google meetnya deh.




Maaf ya, bugurunya ngomong terus.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Eksperimen Akun Pembelajaran dari Kemendikbud"

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D