Untuk Anggota kelas XII MIPA 3

 

Bertumbuh bersama MIPA 3, dari kelas X-XII sebagai guru mapel, juga menjadi wali  kelas XI-XII adalah pengalaman luar biasa untuk guru "baru" macam saya. Tidak hanya mereka yang beradaptasi, tapi saya juga. Kalau boleh jujur, saya sempat grogi ditunjuk menjadi teman mereka. Pasalnya mereka ini terlihat dingin, galak dan menyeramkan. Hahah

Perlahan, semua berbeda. Perjalanan tidak mulus, walau saya sering bahagia karena mereka sudah mapan dan tahu tugasnya. Pernah, saya menangis karena kaget ada dari mereka yang ketahuan melanggar tata tertib. Yang biasanya mereka dikenal tertib, lalu ada yang melanggar, membuat saya sesak nafas. Kenapa sih?


kelas mereka
kelas mereka


Saya sadar, ini lah proses. Kesempurnaan memang hanya milik Tuhan & harusnya saya tidak berekspektasi terlalu tinggi, karena manusia itu belajar, termasuk saya dan saya  juga yakin, kehadiran saya tidak selalu menyenangkan untuk mereka. Kami berhasil bersama, karena kami mau belajar saling mengerti.

Dalam hubungan di Kelas adakalanya terjadi keributan, yang membuat kami sakit hati, harus berdebat, tapi lama-lama, waktu mengajarkan kami untuk terus belajar menahan ego.

Ini bekal baik untuk menghadapi kehidupan setelah sekolah yang lebih mendebarkan. Kalau tidak begini, kita mungkin tidak akan mengambil hikmah kehidupan.

Saya punya catatan khusus untuk mereka, tapi tidak saya ungkap di Sini karena akan memakan banyak tempat. Untuk kalian, jangan lupa catatan individu dalam laporan hasil belajar, dilihat ya?

 Saya berdoa agar apa yang telah kita dan akan kita lalui ini bermanfaat untuk pribadi masing-masing.  Mari terus berjuang dan berbuat kebaikan, karena kita tidak pernah tahu kebaikan mana yang akan membawa kita pada kesuksesan.

 Jadilah sabar dan perbanyak literasi. Jangan sungkan berbagi entah itu materi ataupun ilmu, karena lagi-lagi siapa tahu itulah yang menjadi pengantar kemajuanmu. Mari saling memaafkan dan memulai hari dengan semangat baru yang membara. Kalian pasti bisa sukses dalam bidang kalian masing-masing. Jadilah luar biasa versimu.

 Wujudkan pribadi Santun, Agamis, Cerdas, Semangat, dan Peduli lingkungan seperti jargon SMA N 2 Boyolali.

Wer will, der kriegt (Siapa yang berusaha, dia yang dapat)...

Salam hormat untuk para generasi penerus bangsa,

 

dari Frau Fitri

Fitri Ananda, S. Pd.

Guru Bahasa Jerman

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Untuk Anggota kelas XII MIPA 3"

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D