Belajar Tes Akhir Paket Modul 1 CGP

Tes Akhir Paket Modul 1 Pendidikan Calon Guru Penggerak  ini berisi 20 soal, ini yang saya yakin jawabannya benar. Semoga membantu untuk belajar dan semangat belajar semua, semoga sukses!


Tes Akhir Paket Modul 1
Tes Akhir Paket Modul 1



Soal nomor 1
Anda sudah menyusun sebuah rencana perubahan dan melakukan Aksi Nyata dengan mengidentifikasi dan mengapresiasi yang terbaik dari apa yang telah ada.Pernyataan di atas menggambarkan tindakan yang …e.mengungkap fakta yang positif dari anggota komunitas yang telah dilakukan sekolah.


Soal nomor 2
  • Guru: “Tono, tahukah kamu kalau hari ini ada tugas yang harus dikumpulkan?”
  • Tono: “Tahu Pak!”
  • Guru: “Kamu tidak mengerjakan tugas, apakah kamu sudah mengerti konsekuensi yang harus dilakukan bila tidak mengerjakan tugas?”
  • Tono: “Paham Pak, saya harus tinggal kelas pada jam istirahat nanti dan mengerjakan tugas ketertinggalan saya.”
  • Guru: “Ya, benar, nanti pada saat jam istirahat kamu harus tinggal di kelas untuk menyelesaikan tugas yang harus dikumpulkan. Saya tunggu”
Soal nomor 3
Berdasarkan kasus tersebut, posisi kontrol apa yang diambil oleh guru dalam pendekatannya kepada Tono? a.Pemantau

Soal nomor 4
Banyak hal positif yang sudah Anda lakukan dalam mengeksekusi prakarsa perubahan diri menggunakan pendekatan inkuiri apresiatif. Langkah apa yang selanjutnya dapat Anda lakukan agar keberhasilan yang dicapai lebih bermanfaat ? Merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan dan membagikannya pada komunitas praktisi.

Soal nomor 5
Menurut KHD Pendidikan anak sejatinya menuntut anak untuk mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan alam dan zamannya. Maksud dari penyataan tersebut adalah…pendidikan menjadikan anak memiliki karakter sesuai kultur sosial budaya daerahnya dengan mengedepankan kebutuhan kompetensi masa kini.

Soal nomor 6
Ibu Dahlia sebagai Guru Penggerak senantiasa memunculkan gagasan segar dan tepat guna. Ia juga pantang menyerah serta jeli melihat peluang/potensi yang ada di sekitarnya untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran murid. Nilai guru penggerak yang sudah dimiliki oleh ibu Dahlia adalah …. Inovatif

Soal nomor 7
Program yang paling tepat yang dapat dibuat guru untuk menguatkan budi pekerti bagi murid adalah … Menyusun budaya sekolah yang menstimulus anak untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan baik sebagai pengembangan kecerdasan budi pekerti bagi anak.

Soal nomor 8

Maksud dari kata “barang-barang” dari pernyataan KHD adalah …sebagai simbol dari tersedianya hal-hal yang dapat ditiru, namun selalu menjadi pertimbangan dan memiliki potensi-potensi kultural yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar.


Soal nomor 9
Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah berkebhinekaan global. Manakah pernyataan di bawah ini yang termasuk ke dalam berkebhinekaan …Murid mampu berinteraksi secara positif antar sesama, memiliki kemampuan komunikasi interkultural, serta mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pengembangan dirinya.


Soal nomor 10
Dalam aksi nyata, Anda diminta menerapkan pemahaman Anda terkait budaya positif di kelas atau di sekolah. Anda menemukan murid-murid Anda di sekolah kepeduliannya terhadap sesama masih kurang. Berikut ini aktivitas-aktivitas yang mungkin dapat dilakukan:

1) Menciptakan Program Kebajikan yang berkaitan dengan peduli dan empati

2) Memberikan penguatan positif atau bujukan agar murid-murid yang kurang berempati dapat bersikap baik kepada teman-temannya di sekolah

3) Memberikan tanda bintang untuk murid yang memiliki sikap yang baik

4) Pembentukan keyakinan Kelas melalui poster-poster nilai kebajikan kepedulian/empati

Berdasarkan aktivitas/program di atas, program aksi nyata mana yang Anda akan pilih agar murid Anda dapat belajar dengan aman dan nyaman? jawaban 1 dan 4



Soal nomor 11
Ki Hadjar Dewantara meyakini bahwa proses belajar harus selaras dengan kodrat anak. Pada tiap periode usia anak memiliki kekhususan yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam proses belajar. Pada periode usia Wiraga, jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali. Dengan demikian, mereka harus banyak bergerak (melatih otot kasar/besar), melatih otot halus, mengeksplorasi indera mereka (pendengaran, perasa, pengecap, penciuman, peraba, termasuk imajinasi), dan mengenali simbol-simbol. Apa yang sebaiknya guru lakukan pada periode ini? Guru berupaya fokus pada pemberian akses dan penyediaan pengalaman belajar agar anak makin merdeka dalam mengeksplorasi “dunia”nya (diri, sesama, dan lingkungan di dekatnya).



Soal nomor 12
Sisi kedua dari segitiga restitusi adalah validasi tindakan yang salah. Setiap tindakan kita dilakukan dengan suatu tujuan, yaitu memenuhi kebutuhan dasar. Berikut ini adalah kalimat yang mungkin dapat dikatakan untuk memvalidasi kebutuhan anak:

1) “Apa nilai-nilai umum yang kita telah sepakati?”

2) “Apakah kamu sedang menjadi teman yang baik buat dirimu sendiri?”

3) “Kamu patut bangga pada dirimu sendiri karena kamu telah melindungi sesuatu yang penting buatmu”.

4) “Kamu boleh mempertahankan sikap itu, tapi kamu harus menambahkan sikap yang baru.”

Kalimat mana yang paling tepat Anda pilih, agar bisa memvalidasi kebutuhan mereka?

3 dan 4

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Belajar Tes Akhir Paket Modul 1 CGP"

  1. Frau Fitriiii, keren bgt blog mu Mbaaa. Aku minder sama blog aku. Pengen bgt rajin nulis seperti Frau Fitri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bukti kalau sy lg buka blog lagi setelah berbulan2... qkwkwkkw, mari bersemangat bersama...

      Delete

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D