Keyakinan Kelas, Apaan tuh?

Belum lama ini, saya harus pinjam kelas rekan guru. Ya, seperti yang sering saya tulis di beberapa postingan sebelumnya bahwa semester ini saya tidak ngajar di Kelas langsung. Siswa kelas XII sedang Praktik Kerja Lapangan. 

Sungguh, pengalaman mengajar di SMK benar-benar menantang dan unik. Kalau bukan di SMK, mana mungkin saya akan mengalami hal-hal unik macam ini. Baiklah, izinkan saya cerita pengalaman saya yang harus melakukan sosialisasi keyakinan kelas pada proses pendidikan Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 9 ini.

Saya memilih kelas ini saat pikiran penuh tagihan tugas dan pekerjaan, tanpa pikir panjang saya meminjam kelas bu Prajna, guru PKN di Sekolah baru saya ini. Menurut pendapatnya, kelas ini termasuk kelas yang baik. Hihi, pada awalnya saya memilih kelas yang ada siswa putri, tapi karena rekomendasi guru pengampu, ya baiklah saya masuk di Kelas X UPT (Usaha Pertanian Terpadu) 1, isinya siswa putra semua.

Semua berjalan tanpa pengaturan atau settingan. Natural sajalah, yang penting kenalan aja dulu. Oya, pada kesempatan itu saya ditemani Nyah Anis (sobat perkontenan yang selalu bantu saya jadi videografer semenjak kenal PPG tahun lalu) dan bu Indri, sesama CGP (Calon Guru Penggerak).

keyakinan kelas


Apa yang kami lakukan kemudian? Kami praktik membuat keyakinan kelas.


    Tahap ini, kami sebagai CGP memiliki tujuan untuk dapat menganalisis pentingnya kenapa harus memiliki keyakinan sekolah/kelas sebagai landasan dalam mengatasi masalah, dapat memaknai proses pembentukan dari peraturan-peraturan beralih ke keyakinan kelas, dapat berpikir terbuka dalam menggali nilai-nilai yang dituju pada peraturan yang ada di sekolah.


    Nah, apa keyakinan  kelas? https://www.canva.com/design/DAFxkeGSvYE/view
KEYAKINAN KELAS oleh Fitri Ananda

Nah, jelasnya juga sudah saya dokumentasikan melalui video ini :




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keyakinan Kelas, Apaan tuh?"

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D