Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Rabu, 21 Oktober 2015

Catatan Alumni : Reuni PB Jerman UNY di Jerman

Jika mengutip dari laman www.Indonesiagoestofrankfurt.net, salah satu alasan mengunjungi Frankfuter Buchmesse  adalah benar adanya  untuk bertemu orang-orang baru, menyegarkan kontak dengan kawan lama dan menjalin kemitraan. Begitupun dengan mereka ini, para alumnus Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Momen yang mengesankan, karena pada 2015, Indonesia ditunjuk sebagai tamu kehormatan /Guest Of Honour /Ehrengast der Frankfuter Buchmesse. Kesempatan ini pun kami gunakan untuk berkunjung ke Sana. Sebab musababnya, kapan lagi kalau bukan sekarang.

Dok Arum Cahya Kirana dan Peter



Tersebutlah saudara Debora Sisca Dwi Ananda-Rizqi Marathus Sholihah- Fitri Ananda (Ketiganya angkatan 2009), dan dari angkatan 2010, Hashfi Kurniawan dan Arum Cahya . Siapa menduga, jebolan-jebolan UNY begitu banyak di Jerman, 5 orang itu baru sebagian, masih banyak jejak alumni lainnya di Sana. Ada  Rambi yang saat ini menempuh studi di Frankfurt dan aktif dalam kegiatan sosial, Ade, Lena, dan banyak lagi yang tidak bisa disebut satu persatu. Nah, dalam tulisan ini saya pribadi mengucapkan terimakasih mendalam untuk jurusan Pendidikan Bahasa Jerman UNY yang turut serta menemani tumbuh kembang kami sehingga bisa mewujudkan mimpi kami untuk sampai di Jerman.

Dok Peta


Hari Sabtu (17/10), pertemuan kami begitu mengharukan di Depan Paviliun Indonesia. Tidak ada tangis, hanya celoteh canda ria yang menjadi penghangat suhu yang kala itu 9 derajat. Kami pun kemudian masuk ke Paviliun untuk menyatu dengan suasana Indonesia. Kolega kami juga turut serta, ialah Peter.

Seperti yang saya singgung di Pos ini : Ke Frankfuter Buchmesse kami menyempatkan diri mendengar diskusi, mengulik isi Paviliun dan kemudian kami menuju Hall 4.0, yang berisi beberapa penerbitan Negara Asia. Sewaktu di Sana, kami dijadikan model foto di Anjungan Korea. 

dok bersama


Tak disangka, di Anjungan Indonesia, tepatnya didekat stan penerbit Gramedia akan digelar diskusi dengan menghadirkan Dewi Lestari dan Ika Natassa sebagai pembicara. Kiki dan Siska bungah bisa bersua dengan penulis favorit mereka. Di Situ, penulis juga ketemu Ahmad Tohari lagi dan  Hashfi ketemu  Bondan Nusantara.

taked by Kiki n Siska


Terhanyut dengan diskusi menyoal buku mereka , kami segera tersadar kalo ada janji dengan kolega untuk jalan-jalan di Frankfurt. Tujuan kami adalah menjalin kemitraan,  kami pun memutuskan makan siang di Green Thai, Zeil 13, 60313 Frankfurt am Main.

Dok Caca


Kolega kami tertarik dengan budaya Asia, lidahnya pun jadi terbiasa dengan masakan  Kami berenam makan dan berdiskusi asik sampai terbahak-bahak dan tersedak. Di Situlah, kemampuan bahasa Jerman alumni UNY sedang diasah. Mari, anak-anak UNY banyaklah berbincang dengan native speaker Jerman, supaya lidah kita terbiasa! Semangat! Terimakasih kolega, yang telah menyokong dana untuk makan siang kami semua ya.

Perbualan yang menyenangkan itu harus kami akhiri dengan melanjutkan perjalanan masing-masing. Terimakasih Frankfuter Buchmesse, terimakasih Indonesia dan terimakasih PB Jerman UNY, karena kalian kami ada.

@@@


Hari Minggu (18/10), lagi-lagi penulis bertemu dengan 15 mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman UNY yang didampingi Ibu Sri Megawati, M.A di Paviliun Indonesia. 15 Mahasiswa ini terdiri dari lintasan angkatan. 2011-2014. Mereka sedang melawat ke Jerman selama 14 hari dalam rangka Student Reise.

Viel Erfolg alle! Mari, menjadi alumni PB Jerman, FBS  UNY yang cendikia, mandiri dan bertaqwa!

http://www.uny.ac.id/sites/www2.uny.ac.id/files/lambang_0.png


please visit homepage of UNY : www.uny.ac.id
please visit homepage of Fbs    : www.fbs.uny.ac.id

Hast Du Lust Deutsch zu studieren? PB Jerman FBS UNY ist da! :D


Tulisan sebelumnya : ke Frankfuter Buchmesse
0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D