Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Rabu, 06 April 2016

Belajar Bahasa Jerman : Ngomongin Masalah

Membicarakan masalah? Gimana ya cara mengungkapkannya dalam bahasa Jerman? Kalimat yang sering didengar adalah “Ich habe ein Problem, kannst du mir helfen?” nah, tapi ada beberapa variasi loh yang bisa digunakan.

FYI : In Deutschland spricht man űber persönliche Probleme eigentlich nur mit guten Freunden. Di Jerman orang membicarakan masalah Cuma sama teman-teman baiknya. *Di Indonesia juga kok ya?

Ide ini penulis dapat dari membaca majalah lama Deutsch Perfekt (2014 : 37). Lumayan juga buat dibagi. Oya, bedewe penulis punya beberapa majalah dan buku-buku bahasa Jerman. Ada juga terjemahan novel Indonesia ke Jerman, sementara ini koleksi penulis yang sastra terjemahan Indonesia baru punya Pramoedya dan Ahmad Tohari, dll. Kalo mau pinjem boleh, tapi yang fotokopiannya ya. :D

ber Probleme sprechen


Ich habe ein großes Problem, und ich weiß nicht, was ich machen soll.
(aku punya masalah besar,  dan aku gak tahu lagi, apa yang seharusnya aku lakukan)

Ich stecke bis zum Hals yang sinonimnya Ich bin in Schwierigkeiten.
(aku dalam kesulitan)

Ich habe ein Riesenproblem. = sehr großes Problem
(aku punya masalah yang sangat besar)

Ich weiß nicht einfach keinen Rat mehr. Ich brauche unbedingt Hilfe
(aku ga tahu solusi apa lagi. Aku bener-bener butuh bantuan)

Bitte hilft mir, ich weiß einfach nicht mehr weiter
(Tolongin aku, aku gak tahu gimana selanjutnya lagi)



ilustrasi lagi ngomongi masalah *heheh. Sama tante Rosa


Intinya ni seseorang itu kalo punya masalah bakal

Kannst du mir helfen?
(Dapatkah kamu menolongku?)

Was soll ich nur tun/machen?
(Apa yang seharusnya aku lakukan/kerjakan?)

Was kann ich da tun/machen?
(Apa yang dapat aku lakukan/kerjakan)

*Inget ya, Du-form ni digunakan pada orang yang udah akrab ato minimal yang mau dipanggil pake Du. Kalo masih belum kenal ato mau ngungkapin ke Atasan, pakenya Sie yaaa :D

Nah itu tadi kalo kalian pingin ngungkapin masalah. Sekarang, kalo kalian yang dimintai tolong ato  dicurhatin. Begini menjawab jika mau Hilfe anbieten : Menawarkan bantuan/pertolongan.

Keine Angst, ich helfe dir
(Jangan takut, aku bantu kamu)

Keine Panik, da wird mir schon etwas einfallen
(jangan panik, aku bakal memikirkan sesuatu)

Wenn du Hilfe brauchst, bin ich natűrlich fűr dich da!
(Kalo kamu butuh bantuan, tentu aku bakal ada buatmu)

Sag mir einfach, was ich fűr dich tun kann.
(Bilang sama aku, apa yang bisa kulakukan buatmu)

Jetzt beruhig dich erst einmal! Und dann űberlegen wir, was wir machen können.
(Sekarang tenangkan dulu dirimu! Dan selanjutnya kita pikirkan, apa yang bisa kita lakukan)

Intinya sebagai orang yang dicurhatin kita kan maunya gini :

Kann ich dir irgendwie helfen?
(Dapatkah aku dengan bagaimanapun membantumu?) *eaaa


*Lagi belajar bahasa Jerman, mau ujian A1 ato mau apapun ? Untuk level awal latihannya coba buat dialog terus ngomong sendiri. Dulu waktu kuliah, dosen saya sering ngasih tugas semacam itu. Menurut saya, latihan tadi oke juga buat mengasah kemampuan menulis dan bicara. Semoga berhasil!

*Mau les privat bahasa Jerman? Mari-mari sini sama Fitri :D, dengan dukungan kemauan, kemampuan dan ketertarikan, buku yang digunakan juga menunjang loh. Buku-bukunya saya dapat waktu kuliah dan les bahasa di Jerman.

*Saya baru mulai bulan Februari tahun ini, alhamdulillah ada beberapa yang minat. Dari bulan itu juga, saya mulai mengajar bahasa Jerman di SMA N Boyolali.
*Email : Duniapipid(at)gmail(dot)com



0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D