Memilah Kata, Mengemas Dunia dalam Cerita.

Senin, 25 Juli 2016

Cara Simpel Menghafal Nama Murid :D

Jumlah peserta didik kelas XI 280an, kelas X 360an, totalnya ada 640. Belum lagi jika ditambah kelas XII. Wah...640 anak dengan nama yang berbeda-beda. Bagaimanakah seorang Guru bisa hafal semua nama mereka?



Saya salut sekali dengan Guru-guru kehidupan saya, yang sering masih ingat nama mantan muridnya bahkan hafal kebiasaannya. Pernah suatu waktu, saya dan beberapa orang berkunjung ke Bapak Guru yang sedang sakit. ketika kami datang, ia berfikir ejenak dan kemudian mengingatkan akan beberapa kebiasaan konyol yang pernah dilakukan di Kelas. Tak Cuma itu, ia masih hafal nama panjang kami.


Belum lama ini saya bertanya pada Guru-guru senior tentang bagaimana mereka menandai nama murid dan mantan muridnya. Kebanyakan sih menjawab, jika ditanya nama maka mereka susah mengingat, apalagi kalo sudah puluhan tahun, namun kalau wajah atau ciri khas tertentu mereka bisa ingat kalo itu mantan muridnya.

Katanya sih, mereka akan benar-benar ingat pada seorang murid, yang paling. Entah itu paling menonjol, paling ngeyel, paling berprestasi ato paling yang lain. Wahahaha. Berbahagialah Anda yang paling itu.

Nah, namun saya pribadi suka sekali jika seorang Guru hafal ato setidaknya memanggil nama saya ketika di Kelas/di Jalan. Makanya, sebisa mungkin saya juga berminat sekali untuk bisa hafal nama-nama murid. Ihihi :D Bahkan kalo bisa, sampai tahu perkembangan mereka.

Kata Guru teladan saya, Pak Zayin, salah satu cara yang bisa ditempuh untuk hafal nama mereka adalah sering-sering mengabsen. Sebelum masuk inti pelajaran, ada baiknya pemanasan dulu dengan membaca daftar nama.

Selain itu berdasarkan pengalaman, membuat papan nama lucu yang kemudian ditaruh di atas Meja juga bisa dilakukan. Ya, bikin dari kertas terus ditulis nama gitulah. Jadi, dengan mudah saya bisa lihat nama mereka sewaktu-waktu. Menyapa kan setidaknya bisa membuat suasana jadi akrab. Harapannya dengan begitu, pembelajaran makin asyik serta bermanfaat!

Oke! Semangat membangun Negeri :D


*Saya lupa dokumentasi. Menyusul...
0

0 Comment:

Posting Komentar

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D