Senin, 30 April 2018

Permainan Bahasa, Bisa buat Bahasa Jerman


Ø  Katze und Maus (Kucing dan Tikus)

Dipilih dua orang yang berperan sebagai Kucing dan Tikus. Teman yang lain berperan sebagai benteng. Kucing mengejar Tikus dan harus membuka benteng dengan mengucap “drehen (putar)” dan ketika benteng terbuka Kucing bisa mengejar Tikus. Eits, tapi Tikus juga boleh mengucap drehen untuk melindungi diri.




Bagaiamana dengan mereka yang jadi benteng? Mereka harus membuat 2-3 baris. Setelah itu bentangkan kedua tangan dan siap bermain. Begitu. Paham kan? Ini bagus melatih konsentrasi dan kekompakan kelas.

Ø  Berkunjung ke Pulau Keini Keinu

Ditujukan yang sudah belajar kata benda. Kebetulan, kelas X belajar kata benda di Sekolah. Murid harus menyebutkan benda yang bisa dibawa ke Pulau tsb, bebas, pokoknya jangan dikasih tahu dulu sistemnya. Kita bisa mengiyakan atau menolak. Gayeng lo, waktu kelas X MIPA 5 mainan ini, banyak yang salah, banyak yang bener. Di akhir, kami disadarkan bahwa ketentuannya sudah jelas terdapat pada nama Keini Keinu. Yang artinya, kami harus menyebut benda tanpa huruf vokal i dan u. Hahahaha, gayeng! Saya awalnya gak paham, setelah dipancing Stefan saya baru ngakak-ngakak sendiri. Ya, karena banyak yang salah akhirnya sistem permainan ini kami bahas diakhir. “Hey murid-murid, artinya Kein apa? Kalo keini maksudnya? “O........ tanpa i.” Jawab mereka sambil manyun haha.



Ø  Tepuk Angka

Pertama buat lingkaran, berhitung, usahakan satu kelompok 15-20 orang aja. Ingat angka masing-masingJadi tepuk paha sekali, tepuk tangan, angkat tangan kanan sebut angka sendiri, angkat tangan kiri sebut angka orang lain dan boleh acak. Yang kita sebut angkanya harus melakukan seperti apa yang kita lakukan, yang lain tetap tepuk paha, tangan dan membentuk suatu irama. Permainan akan asik kalau semua bisa kompak dan sadar. Di Sini saya hampir mutung karena ada beberapa murid yang lupa bagaimana menyebut angka. Hahahah, Stefan membaca kemutungan saya dan bilang, “santai....” ***Ingat pakai bahasa Jerman atau bahasa lain yang disepakati ya.



Ø  Reise nach Jerusalem

Ada banyak variasi dalam permainan ini, di Indonesia juga ada, tapi saya ga ngeh namanya. Jadi, atur kelompok di Kelas duduk dengan kursi melingkar. Ganjilkan jumlah kursi. Setel musik dan berputarlah, jika musik mati, segeralah cari tempat duduk kosong. Yang ga dapat kursi ntar dihukum.



Ini beberapa permainan yang kami mainkan di Kelas Jerman bersama Stefan.  Yang lain menyusul ya. Sebenarnya, saya pernah mencatat permainan asik yang diajarkan Theresa, tapi ya itu saya butuh waktu merangkumnya dan melihat rekamannya lagi. Semoga jelas dan bermanfaat!

Kalau kalian punya, ayo bagi-bagi sini heheheheheheh. Danke!



1 komentar:

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D