Review Singkat Buku Anak Mengenal Jajanan Nusantara

Rasanya, saya ingin Mikhi sejak kecil mengenal buku dan harapannya dia akan menjadikan baca buku sebagai hobinya kelak. Maka, sejak bayi kalau bisa dia akrab dengan keberadaan buku. Beberapa buku saya beli di Swalayan di Boyolali, yang penting berwarna dan ceritanya ringan. Hasilnya? Kena sobek Mikhi, hahah!


Buku-buku lain dia dapat dari Tante maupun teman saya, ada yang dari Gramedia dan tentu saja Shopee. Jumlah bukunya memang belum terlalu banyak, tapi lumayan lah untuk ukuran saya.


Baru-baru ini, saya termakan promosi kolega saya saat dia pasang status di Whatsappnya. Mba Anna namanya, dia memasang video review tentang buku anak 1+ berjudul "Mengenal Jajanan Nusantara".


Mengenal Jajanan Nusantara
Mengenal Jajanan Nusantara





Tampilannya unik dan nama tokoh yang ada juga mewakili Indonesia. Jadi nih, buku ini bercerita tentang Kandis dan Aren yang membantu Ibu belanja di Pasar. Buku ini lumayan besar (25x25cm) dan jenis kertas yang digunakan adalah Ivory. Semuanya berwarna dan menurut saya gambarnya begitu natural (kosakata apa ya yang pas menggambarkan sebuah gambar yang perpaduan warnanya pas, menyatu dengan buku dan tampak nyata, hehe)


Dari judulnya, sudah ketebak kan kalau dalam buku ini berisi gambar-gambar jajanan khas Indonesia. Namun, ternyata tidak cuma gambar saja yang bikin menarik. Anak akan diajak membuka tas belanjaan Ibunya Aren dan Kandis, yang saya tidak sangka ada di dalam buku tersebut.



Anak dapat belajar, angka, warna, bentuk bangun ruang, mengenal rasa dan bahkan diajak merasakan tekstur dari beberapa makanan, seperti kue mangkok contohnya. Wah, emang pas buat bermain sama si Mikhi nih.


Dibuku ini, si Mikhi bisa mengangkat kertas yang tertempel (apa ya kosakata pas menggambarkan lift the flap?), bisa menyentuh dan merasakan, dan bisa lap + membersihkan. 


Untuk Jajanan pasar sendiri, Mikhi lumayan akrab, maklumlah kan depan rumah tiap pagi buta ada pasar kaget, yang isinya jual jajanan pasar semua seperti Onde-onde, jadah, dll. Keuntungannya, Mikha bisa meresapi apa yang pernah dia makan dan lihat secara nyata melalui bukunya tadi. Oh, ini to gambar onde-onde bulat yang aku makan itu. (Gitu kali ya pikirannya, hahha).



Mengenal Jajanan Nusantara
Mengenal Jajanan Nusantara


Selain buku, saya juga beli Flash card-nya sekalian, untuk harga satu paket buku semacam itu, harganya dibawah 200k lo, cukup bayar 155k saja. Semoga awet ya tidak kena sobek Mikhi hahahah. Ada 20 biji kartu yang bisa untuk mainan, ukurannya lumayan gedhe yaitu 10x13,5cm. Bahasanya Indonesia dan Inggris. 


Kesan : Mikhi senang main dengan buku + kartu barunya dan dia sudah mulai pelit kalau ada yang pinjam lama-lama. Hahahahaha!

Terima kasih untuk 
Penulis cerita Lilih. S. Hilaliah
Ilustrator : Patya Aprilia
Penerbit Little Quoakka

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review Singkat Buku Anak Mengenal Jajanan Nusantara"

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D