Belajar Jadi Narasumber Lewat Praktik Baik Mengajar di Kelas #sman2boyolali

Mengambil kesempatan menjadi narasumber (NR) adalah tantangan buat saya. Ketika April 2022 dihubungi oleh tim acara (Kak Diyan), sebetulnya saya sedikit takut, tapi saya nekat bilang iya, heheh. Saya pikir ini kesempatan bagus buat pengembangan diri. Lalu terbitlah surat ini :

Ini kali kedua saya diberi kesempatan menjadi NR di tempat tersebut Pengalaman Jadi Narasumber #1, yang notabene adalah almamater sendiri. Pada 2018 lalu, saya diminta bercerita mengenai blog, nah kalau tahun ini lebih ke praktik mengajar yang menggunakan permainan di dalamnya. Pikiran saya langsung teringat pada pembelajaran materi Hobby di Kelas XII semester lalu. Ini nih tulisannya :

1. Ngajar Materi Hobby Bahasa Jerman Kelas XII diapain ya? Berbagi Pengalaman dan Curhat

2. Materi Hobby (di blog khusus materi Jerman saya : Soal Jerman)

3. Proses berlangsungnya saya bagi di Instagram (deutsch_sman2boyolali)

Kak Diyan (sekarang dosen PB Jerman UNY-Universitas Negeri Yogyakarta) waktu itu minta agar saya membuat video pembelajaran di Kelas yang menerapkan permainan, bebas boleh permainan digital atau media lain, dan terserah mau mengajar daring atau luring. Ditembung kak Diyan saya seneng-seneng aja, karena kebetulan dia adalah senior di Kampus. Apa yang dia lakukan, sering bikin saya pingin. Waktu dia jadi Reporter Humas FBS (Fakultas Bahasa dan Seni), saya pingin dan entahlah dengan berbagai cara akhirnya Tuhan membuat saya bisa bergabung juga jadi reporter. Ini juga lantaran kak Diyan.

Singkat cerita, saya terima tantangan tersebut. Menerima tantangan berarti harus siap menerjang batasan yang ada. Masalah pertama yang dihadapi adalah kelas mana yang mau saya ajak reka ulang adegan? Soalnya kelas XII waktu itu mau Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan UTBK. Saya gak tega mau minta mereka masuk kelas lagi, hmm lalu akhirnya saya memilih kelas X MIPA 2, kelas yang ga dapat Jerman dan harus berakting bisa Jerman heheh.

Ini dia jadinya : Praktik Baik Pembelajaran Bahasa Jerman Kelas XII di SMA N 2 Boyolali


Untuk masalah video, saya minta bantuan kolega kerja di Sekolah. Nih, dia youtuber lho : Usman Dolan Pasar

Berkat hasil videonya dek Usman yang dipuji keren, saya makin semangat untuk bikin lainnya, termasuk ketika diminta mengirim RPP. Jujur ya, saya kira tuh saya cuma ngirim itu aja selesai. Eh, nyatanya ada juga sesi bicara di Forum. hehehe...



Pengalaman Jadi Narasumber
Pengalaman Jadi Narasumber


Untuk persiapan "Best Practice Sharing Session" saya gak terlalu banyak gerak, karena semuanya sudah pernah dibagikan lewat blog, dkk. Jadi, saya saat itu fokus hal teknis aja, masalah laptop dan jaringan. Berbagi via zoom meeting, harus baik teknisnya, karena orang akan terganggu jika hal tsb kurang maksimal.

Selain itu, saya juga persiapan mental sih, hihi. Oya, gak cuma saya kok yang diminta jadi narasumber, tapi ada Frau Heri S Munggaran, S. Pd. Gr. dari SMA N 3 Yogyakarta. Alhamdulillah, bisa seforum sama guru hebat ini.

https://www.youtube.com/channel/UCoBvxlDZKPO03yojKhVMtYg/videos
videonya BU Heri bisa cek ini Frau Heri


Apa bedanya pengalaman 1 dan 2 saat ini?

Secara konten lebih siap, karena apa yang disampaikan sudah dilakukan. Pandemi membuat saya mau belajar.

Kalau pengalaman 1 kan itu saya masih merintis blog, sehingga ya masih grotal gratul aja sih penyampaiannya.


Kata tim :D
Menurut tim :D 


Jalannya acara?

Secara keseluruhan oke. Acaranya kan sudah dimulai dari 17 mei dan berakhir nanti bulan Juni. Saya kebagian di pertemuan kedua dan bisa jadi ketiga. Heheh!

Tambahan :

Meine Erfahrung-Fitri
Guru Bahasa Jerman SMA N 2 Boyolali



Bahagia dan bersyukur atas segala yang terjadi, termasuk proses belajar yg dilalui. Terima kasih untuk angkatan 39 yg membuat blog soaljerman lahir dan eksis karena kolaborasi dengan kalian.

Terima kasih alumni yg dapat Jerman karena dari kalian, saya juga banyak belajar.

Praktik yang ada di Kelas & disimpan di akun ini, puji syukur bisa dibagikan juga dibeberapa tempat, salah satunya melalui acara yang digelar PB Jerman FBS UNY pada 27 Mei lalu.

Segala sesuatu pasti ada alasan dan hikmahnya. Terima kasih atas kesempatannya diundang menjadi narasumber untuk bercerita akan praktik KBM Jerman di Kelas #sman2boyolali

Ini adalah kesempatan untuk belajar, refleksi dan olah rasa.

Semoga, KBM Jerman tetap ada di #sman2boyolali dan membawa manfaat bagi para siswa, sekolah dan masyarakat.

Belajar bahasa Asing membuka cakrawala dan salah satu capaian dari profil pelajar pancasila dalam dimensi kebhinekaan global.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Jadi Narasumber Lewat Praktik Baik Mengajar di Kelas #sman2boyolali"

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D