Kejutan Buatku saat Kongres Nasional IGBJI 2023

Setelah penantian hampir 7 tahun, Kongres Nasional Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia kembali digelar. Saya pertama kali ikut pada 2016, saat masih baru "saja" jadi guru bahasa Jerman di SMA. Kesempatan kongres berikutnya pada 3-7 Juli 2023 akhirnya datang dan alhamdulillah, saya bisa berpartisipasi kembali dengan mandiri. Cie....

Jadi, ini adalah kongres ke-VII. Tahun berapa saja Kongres Nasional IGBJI digelar? Menurut buku saku yang ada, IGBJI yang terbentuk 1971 telah menyelenggarakan kongres pada tahun 1971, 1988, 1995, 2001, 2008, 2016.


https://www.igbji.org/attachments/article/103/Profil%20IGBJI_Stand%20November%202020.pdf
https://www.igbji.org/attachments/article/103/Profil%20IGBJI_Stand%20November%202020.pdf

Untuk mendaftar pada kongres kali ini, ada beberapa pilihan. Pendaftar mandiri, pendaftar sebagai ketua cabang IGBJI dan pendaftar perwakilan cabang IGBJI yang dibuktikan dengan surat kuasa. Saya dan 3 teman lain (Pak Agus MAN 1 Boyolali, Pak David SMAN 3 Wonogiri dan Bu Nita SMKN 1 Nogosari) mendaftar sebagai peserta mandiri.

Jika pada 2016 dulu, saya turut serta sebagai peserta dan jujur sedikit menyesal karena takut ga coba jadi pemakalah. 2023 ini, saya balas dendam haha. Masih teringat bagaimana saya melongo melihat para pemakalah begitu menginspirasi dengan presentasinya. Ternyata, banyak hal yang mereka alami di Sekolah. Mungkin juga, Tuhan meminta saya untuk belajar dan punya pengalaman dulu supaya suatu hari bisa berbagi kali ya. Ini cerita saya dulu Cerita Kongres 2016.

Jujur saja, pindah dari SMK ke SMA membuat saya banyak cerita. Mungkin, kalau kepindahan ini gak terjadi 2022 lalu, saya juga gak akan punya ide untuk praktik baik. Walau, di SMAlah ide awal itu muncul dan jujur, SMK membuatnya bertumbuh.

Saya dan Pak David akhirnya mencoba mendaftar jadi pemakalah dengan cara mengirim abstrak praktik baik. Agak mendadak sih, tapi bisa diselesaikan kok. Hahaha dan sempat juga ada masa perpanjangan pengiriman abstrak. Betapa menyenangkannya! Inilah dia pengumumannya, setelah penantian beberapa waktu. Abstrak kami diterima dengan revisi. Setelah abstrak diperbaiki, kami juga diminta mengirim makalah praktik baik serta powerpoint presentasi.



Praktik Baik Fitri Ananda
Praktik Baik Fitri Ananda


Gak cuma praktik baik sih sebenernya sub tema yang ditawarkan panitia. Ada beberapa seperti yang saya catut dari website resmi mereka  https://tagung.igbji.org/2023/ :

  1. Bahasa dan Budaya (Sprache und Kultur)
  2. Metode & Media Pembelajaran (Methoden & Medien im Unterricht)
  3. Ragam Kompetensi Berbahasa (Sprachliche Kompetenzen)
  4. Pemantapan dan Peningkatan Kualitas (Qualitätssicherung und Qualitätsentwicklung)
  5. Penelitian Pengajaran & Pembelajaran Bahasa (Sprachlehr- und lernforschungen)
  6. Praktik Sukses dalam Pembelajaran dan lain-lain (Best Practise im Unterricht & Sonstiges)
Kongres kali ini mengangkat tema Paradigma Merdeka Belajar dan Pembelajaran Bahasa Jerman Pascapandemi – Das Paradigma “Merdeka Belajar” und Deutschunterricht nach der Pandemie –. Adapun, presentasi makalah dibagi bebapa sesi dan kebetulan saya sama pak David satu sesi, di hari rabu (5 Juli 2023). Oya, pelaksanaan kongres kali ini ada di dua Tempat, yaitu Goethe Institut Jakarta dan Universitas Negeri Jakarta. 

jatah presentasi kongres igbji 2023
jatah presentasi kongres igbji 2023


Kongres IGBJI ngapain aja? Biar gampang, nih cek aja jadwal lengkapnya, ya!

Jadwal Kongres IGBJI 2023
Jadwal Kongres IGBJI 2023

Artikel kali ini saya mau cerita pengalaman presentasi saya dan kejutan tak terduga setelah presentasi. Niat saya pada kongres kali ini adalah banyak menimba ilmu dan pengalaman untuk mengajar di SMK. Saya sendiri sempat merasa bingung (ya walau sekarang masih), apa yang diajarkan untuk anak SMK dengan berbagai jurusan dengan basis pertanian. Apa sih yang bisa saya lakukan sebagai guru bahasa Jerman saat ini? 

Satu hal yang saya catat : Nikmati dulu kebebasan yang ada saat mengajar di SMK. Sesuaikan saja kondisi dan tidak perlu memaksakan diri harus mengajar sesuai JURUSAN. Contoh, saya sendiri mengajar di kelas XII. Apakah ujug-ujug mereka saya bawa belajar Jerman di dunia mesin? Ya, mungkin bisa tapi berat sekali dibayangkan. Ya sudah, ajarkan dari dasar dulu, belajar budaya, banyak nobar, banyak dengar musik, lha wong bagi anak SMK di Sini, Jerman itu jauh bagi mereka.

 Mereka itu taunya Jepang yang bisa mereka raih. Saya bisa maklumi dan walau kesempatan ke Jerman terbuka untuk Ausbildung, Aupair atau FSJ saya harus memberikan informasi realistis. Kalau mau ke Jerman, penguasaan bahasa itu penting. 

Jadi, untuk bapak/ibu guru bahasa Jerman, jika menyarankan siswa untuk ke Jerman, dampingi mereka, jangan dibuang ke Agen-agen sembarangan. 

Oke-oke skip dulu. Sekarang saya mau cerita ketika presentasi makalah praktik baik. Jujur, pengalaman itu membuka mata saya untuk banyak belajar dan bersikap sewajarnya. Tidak ada yang unggul, karena semua punya medan masing-masing, tapi berbagi cerita praktik baik ini bisa jadi referensi lho heheh.

Ini nih isi presentasinya


Kalau presentasinya bisa dilihat di Sini : Klik presentasiku

Agak grogi dilihat pengajar Jerman lain, tapi tetap bersemangat. Selesai presentasi dan tanya jawab, saya diminta oleh Ketua Panitia, yang juga dosen UPI, namanya Pak Ending Khoirudin untuk menjadi narasumber pada acara esok pagi. "WAS????"

Pak Ending mengungkap bahwa besok (6 Juli) sesuai jadwal akan ada sesi diskusi antara ibu Eka Dewi dan perwakilan guru dari SMA, MAN, Universitas, juga SMK mengenai pembelajaran bahasa Jerman setelah pandemi. Kata Pak Ending lagi, besok presentasikan apa yang tadi saya kemukakan dan untuk para penanya diminta bertanya besok pagi saja. Saya diminta mewakili guru SMK. Sebuah kebetulan yang luar biasa bagi saya.

Hehehe

Saya tentu mengiyakan dan dalam perjalanan pulang ke Kos Kiki, saya menangis dalam hati tidak menyangka. Ini seperti momen yang saya tunggu dan jawaban dari banyak hal. Mungkin, ini cara Tuhan membuat saya makin belajar. Saya bisa duduk disanding, guru-guru hebat yang sudah banyak berkarya. Saya haru, ada rasa minder sedikit, tapi saya bahagia, Tuhan memberi kesempatan ini.


Pengalamanku Kongres IGBJI 2023
Pengalamanku Kongres IGBJI 2023

Pengalamanku Kongres IGBJI 2023
Pengalamanku Kongres IGBJI 2023

Pengalamanku Kongres IGBJI 2023
Pengalamanku Kongres IGBJI 2023

Pengalamanku Kongres IGBJI 2023
Pengalamanku Kongres IGBJI 2023

Ini rekaman penuh  dari Youtube IGBJI Pusat



Pesan untuk yang mau ikut kongres : manfaatkan kesempatan yang ada. Manfaat yang saya dapat selain ilmu : belajar langsund dari para ahli, dapat buku berkualitas gratis, bahagia karena dapat ide, suka banged waktu ikut workshop kinderuni, pameran, dan ketika ada presentasi Ausbildung.

Kosongkan Gelas, Penuhi Kembali, Sebarkan!

Saya sambung lagi... (lagi ribet dan belajar jadi pembimbing PKL) hahahahhahahah alasan ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kejutan Buatku saat Kongres Nasional IGBJI 2023 "

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D