Refleksi Lokakarya 3 CGP 9



Dari sekian lokakarya yang telah dilalui, saya paling menikmati Lokakarya ketiga yang diadakan pada Minggu (19/11) lalu di SMKN 1 Boyolali. Walau saya datang terlambat 10 menit dari jadwal, tapi saya bisa segera adaptasi dengan materi yang ada. Sepertinya, model loka seperti inilah yang saya harapkan jauh-jauh hari. Melihat dan Praktik secara langsung bagaimana pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran dengan modul ajar KSE (Kompetensi Sosial Emosional), dan praktik mindfullness.

Paparan tidak terlalu panjang, lalu kami diminta menganilisis dengan melihat praktik pembelajaran dari beberapa guru yang telah dipilih. Hal ini dilakukan karena batasan waktu serta pertimbangan lain. Ya, tidak mengapa sih kala saya melihat pembelajaran di SD dan TK, walau memang sejujurnya saya berharap untuk diberikan contohn nyata pembelajaran yang dilaksanakan di SMA maupun SMK. Intinya, saya harus pandai-pandai membaca situasi dan menyesuaikan diri. Niatnya belajar dari mana saja.

Pada sesi pertama, kami dibagi menjadi 3 kelompok dan diminta menjadi murid SD. Ini seru sekali, karena pembelajaran yang hanya 45 menit dapat dikemas dengan baik dan berkesan. Saya jadi teringat masa SD saya. Jujur, guru SD saya yang mengajar mata pelajaran IPA juga menyenangkan, bu Mudjinem juga sering mengajak kami keluar kelas, belajar langsung dari alam dan menjelaskan dengan sederhana. Mungkin, kalau dulu sudah jaman video praktik baik, bu Mudjinem bisa jadi salah satu kandidat guru inspiratif.Oya, dalam sesi ini, kami belajar rantai makanan dan diminta menggambar, setelah itu melakukan drama agar murid lain menebak hewan apa sih yang kami presentasikan. Seru juga nih. Dalam setiap sesi, ditentukan 2 observer untuk menilai jalannya pembelajaran dan tentu nantinya mereka akan memberikan umpan balik.

Lanjut ke sesi kedua, yaitu praktik pembelajaran KSE. Kali ini diwakili dari Guru TK. Wah ini, kami ketawa terus dan saya jadi teringat anak saya sendiri. Apa dia kalau di Sekolah senyaman ini ya? Soalnya anak saya suka ke TK, ya walau niatnya buat main, tapi sering juga cerita pembelajaran di Kelas dengan antusias. Susah-susah gampang yang mengajar TK dan SD. Salut buat para guru pokoknya!

Sesi terakhir kami praktik mindfullness yang terdiri dari 3 jenis : Latihan Teknik STOP (Berhenti), Mendengar dengan Sadar (Mindful listening), dan Melihat dengan Sadar (mindfull seeing). Dalam praktik ini, kami diajak bermeditasi menenangkan diri. Ini bukan hal baru, tapi silakan sekali-kali coba ajak para murid untuk tenang dengan cara seperti ini.

LOK CGP
LOK CGP



Memang, tidak ada yang baru di Dunia, tapi selalu saja ada hal yang bisa dipelajari dari semua proses yang dilalui. Melalui Lokakarya CGP ini, saya banyak terbantu dan menjadi mau coba-coba lagi. Terima kasih!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Refleksi Lokakarya 3 CGP 9"

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D