PPLku di Sekolah Baru

Ini dia tim kecil yang menyukseskan proses rekaman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) kami (saya dan bu Anis).

tim ppg kecilku
tim ppg kecilku


tim ppg kecilku
tim ppg kecilku



tim ppg kecilku
tim ppg kecilku



Kolaborasi adalah kunci penting dalam proses PPG kemarin, karena jika saya lakukan sendiri pasti akan berat, malah bisa jadi gagal. Proses PPG kemarin berbarengan dengan banyak hal baru yang harus saya selesaikan. Sempat terpikirkan untuk mengajak rekan guru di Sekolah lama untuk membantu pekerjaan saya terutama merekam pembelajaran dan sunting videonya.

Namun, Tuhan punya caranya untuk membuat saya ini percaya bahwa membangun TIM baru adalah solusi yang lebih baik. Saya jadi mengenal jurusan di Sekolah baru ini, mengenal karakter siswa, mengenal sedikit demi sedikit guru maupun mendengar cerita-cerita mengenai Sekolah baru melalui ini.

Saya tidak menyangka malah bertemu banyak alumni kampus saya di Sini dan entahlah saya cepat akrab dengan mereka. Saya jadi punya kesempatan beradaptasi. 

Proses PPL

Salah satu hal menegangkan bagi adalah PPL ini. Saya harus mengajar di Kelas dan prosesnya direkam. Waduh, saya guru baru di Sini, ada lho perasaan takut mengajar. Namun, mau gak mau ya harus dilalui dan syukur perasaan carut marut itu segera pergi. Tips dari saya :

1. Tentukan kelas mana yang dijadikan model. Bisa saja random, tapi perhatikan juga jadwalnya. Kebetulan, saya semester kemarin hanya mengajar 1 Jam Pelajaran. Jadi, saya harus lobi dengan guru pengampu mapel sebelum dan setelah saya.

2. Tawari siswa. Biasanya mereka cepat menyesuaikan diri dan saat tau direkam, akan ada bedanya hahahahha.

3. Persiapkan hal teknis secara baik. Coba dulu LCD, speaker, dll. Tahu gak... speaker saya itu tiba-tiba gak bunyi pas hari H. Biasanya mah gak gitu hihihih.

4. Jalani dengan baik. Bilang sama siswa, ini pembelajaran seperti biasa, jangan dibuat-dibuat hehehe.










Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PPLku di Sekolah Baru"

Post a Comment

Maturnuwun kunjungan dan komentarnya :D